Pengalaman Tes Psikotes Pertama Kali di Citarasa Prima Group

Citarasa Prima




Pengalaman Tes Psikotes Pertama Kali di Citarasa Prima Group. Hari Rabu sore, hape Huawei yang gua beli hasil jerih payah gua bunyi . "Halo, Dengan Alfa ?" , "Iya betul", "saya dari PT Citarasa Prima , Bapak di Undang untuk Tes Psikotes besok , jam 9 pagi ya pak di jalan katamso 19b" , "Ohh gitu baik baik bu", "Selamat Siang".. dan tutututut.

Seneng bukan main disitu gua langsung jingkrak - jingkrak, karena dapet panggilan kerja setelah sekian lama. tapi disitu gua benar - benar engga terlalu mendengarkan apa yang di bicarakan.,gua sejenak memikirkan apa ya yang di omongin sama orang tadi, gua mikir mungkin palingan kaya biasa, wawancara atau ngomong - ngomong biasa.

Tapi gua merasa ada yang salah apa ya, soalnya orang tadi bilang tentang tes - tes gitu, lalu gua coba googling, ternyata yang di bicarakan orang tadi adalah Tes Psikotes men, jujur gua masih burem soal Tes Psikotes dalam dunia kerja, terakhir tes psikotes paling gua pas sma ., itu pun gua jawab ngasal hehehe.

Oh iya gua belum cerita ya tentang Citarasa Prima, perusahaan ini itu yang kordinir Cafe Cafe gitu sob, kaya Warunk Upnormal, Sambal Karmila, Nasgor Mafia, yg mayoritas berdomolisi di Bandung, tapi udah mulai menyebar ke kota kota lain kok hehe.. Lanjut Cerita -->

dan karena gua ngebet pengen keluar rumah dan masih nganggur ga tau mau ngapain, yosss akhirnya gua berusaha untuk search soal - soal psikotes, cara menjawab tes psikotes dan macam - macam soal psikotes. Walaupun memang Soal Psikotes ini mencerminkan Kepribadian lu dan memang ga harus belajar, tapi Pepatah Bijak mengatakan "Persiapan yang baik adalah setengah dari keberhasilan kita".

Pernah gua mengalami apa yang namanya sombong, merasa besar kepala, di interview sebelumnya gua begitu pede , karena gua begitu menguasai komputer, networking dll, lalu saat interview .. gua mengira bahwa interview akan sesi tanya jawab pada kepribadian kita, ternyata yang di tanya adalah pengetahuan tentang bidang yang kita kuasai.

satu persatu si penginterview membaca laman cv gua, lalu bertanya seputar skill yang gua di tulis disana, dan begonya , gua ga siap - siap, hal yang di tanyakan yang harusnya gua paham, malah lupa di tiup angin gitu aja, karena gua ga baca - baca sebelumnya .. haduh.

Baca Juga : Uang Tidak Hanya Membawa Kebahagian, Tapi Juga Kesehatan 

Dan pada akhirnya gua sadar bahwa skill dan ilmu yang gua punya itu ga ada apa - apanya jika di bandingkan dengan yang lainnya, pada akhirnya gua search sekitar 100 soal psikotes. mulai dari Logika Aritmatika, Penalaran, Tes Analog Verbal sama Wartegg tes. dan dari soal psikotes yang menurut gua paling susah adalah soal yang menggunakan skill gambar.  jujur gua ga bisa gambar.

pada akhirnya gua coba persiapkan apa yang harus gua gambar , walau memang pada intinya gambar gua jelek hahaha, tapi gua coba latihan gambar terus.

Dan tiba saatnya tes dimulai, Pertama kita disuruh absen di satpam, lalu kita di kumpulin di satu ruangan ber ac, tiba tiba ada intruktur membagikan kertas lalu, kita di suruh ngisi biodata kita mulai dari nama, nama keluarga, cita cita, hobi, ruang lingkup dan pertanyaan sederhana tentang kepribadian.

setelah itu the real test is begin, kita diberikan sebuah kertas dengan 50 soal , lalu ada petunjuk tiap - tiap soal tentang cara mengisi,, sama kaya abcd sih cuma ini pake nomor, dan  harus kita jawab dalam waktu 13 menit. disini mungkin masih terasa mudah, tapi haha gua sendiri jawab cuma sekitar 30-35.. dan ga tau itu bener atau kagak. dan  setelah beres kita di kasih waktu untuk istirahat 1 jam, lalu gua bertanya sama rekan - rekan lain yang juga ikut ujian, dan rekannya ngasih gua tips katanya untuk soal tadi ,kalau kalian merasa ga bisa jawab, Lewat ,, kalian ragu, isi aja dari pada ga keisi,, dan kalau ngerasa bener, isi ... gitu aja sebenernya, tapi gua sendiri ngejawab yang gua pikir bener .. kalau ragu gua lewat dan kalau ga tau gua lewat haha.

dan waktu istirahat pun beres, kita langsung masuk ke ruangan tadi, dan instruktur ngasih kita kertas kosong untuk gambar pohon dan orang.. hehehe,, akhirnya persiapan gua kemarin dateng juga, lalu gua gambar deh tuh pohon yang udah gua persiapkan.. tapi untuk orang gua jujur belum pernah gambar dan latihan.. tapi karena gua ini orang yang ditakdirkan jenius haha, gua gambar berdasarkan hasil imajinasinya.. pada awalnya gua menggambar orang yang sedang demo.

tapi instruktur terakhir memberi tahu, berikan nama, hobi, cita cita, 3 kepribadian positif dan negatif tentang orang yang kalian gambar. dan gua pun bingung.. soalnya gua ini gambar orang yang hidupnya ga jelas. masa gua isi hobinya demo dan cita citanya bakar rumah kan ga etis hahaha, akhirnya gua paksain untuk relokasi ulang gambar gua .. gua paksain untuk gambar gitar di gambar yang sebelumnya :D.

dan alhasil gua gambar orang yang lagi megang gitar. walau emang kagak jelas sih wkwkwk.. karena gua udah bikin iket kepala terus masa gitarnya nyentuh ke kaki haha, tapi bodo amat deh.. karena gua udah ngebet dan waktu udah mepet.. langsung gua kumpulin.. mantep.

lalu selanjutnya sih kita di tes tentang kpribadian masing - masing, itu mah gua ga bisa ngasih tipsnya, cukup jawab sejujur - jujurnya.

dan terakhir kita di tes Kraplin / Pauli, dimana kita di suruh menjumlahkan 1 bilangan dengan bilangan yang di bawahnya, mudah ?,, mudah sih.. cuma disini kalian cuma butuh konsentrasi dan berhitung cepat tambah tambahan. beberapa kali konsen gua hilang karena cape atau membosankan.. karena kertasnya itu loh besar banget. tapi kadang tangan gua cepat kadang sedang kadang lambat.
tapi alhamdullilah lancar. ga ada yang namanya pensil patah atau salah hitung.

lalu setelah itu kita di suruh nunggu untuk interview 1 - 1.. pertanyaannya sih santai, tentang kenapa melamar kesini, kenapa keluar dari pekerjaan sebelumnya,,interview seperti biasa sih hehehe..

disitu kita di suruh menunggu paling lambat 3 minggu. lolos atau tidaknya tes psikotes hehe so stay tune ya..

Update : Pada tanggal 22 november, (2 hari sebelum gua nulis) gua di panggil untuk wawancara ke 2 :D

Baca Juga : Pembunuh di Film Raditya Dika Terbaru 2016

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
December 28, 2016 at 8:19 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar