7 Tips Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduate atau Lulusan Baru

Mencari Pekerjaan
designed by freepik.com


Baru Lulus ? Sulit Cari Kerja ? atau Fresh Graduate? , baru masuk udah kaya iklan aja. oke reader sebenarnya mencari kerja itu mudah, kalau kita tau caranya, tapi kebanyakan orang itu kadang mengandalkan kekuatan dari SILAHTURAMI atau nunggu orang lain ngetok pintu dan ngasih tau bahwa ada lowongan kerja.

ga salah juga tapi tentu yang jadi masalah adalah tentang sifat kita yang manja, sebenarnya pekerjaan itu harus di cari, bukan nunggu agar persenan kita keterima juga semakin besar,  jadi kali ini saya akan memberikan tips bagi kalian dalam mencari pekerjaan khususnya untuk Fresh Graduate.

1. Cari Orang Dalam


Mungkin dari kalian pasti punya pemikiran yang sama seperti saya, bahwa hal termudah dalam mencari pekerjaan adalah Kekuatan Orang Dalam.

Memang gak bisa di pungkiri juga, bagi yang punya orang dalam, tentu akan menjadi hal terbahagia dalam hidup . karena jika ada orang dalam, pekerjaan kita itu seperti mempunyai asuransi. kita akan terjamin, karena tes interview, psikotes itu hanyalah untuk formalitas.

tapi tunggu dulu, sebenarnya alasan anda di terima adalah bukan hanya karena orang dalam. tapi juga karena Perusahaan merasa bahwa jika anda adalah orang yang di rekomendasikan oleh Karyawan anda, berarti otomatis anda pantas berada disana, karena tujuan interview adalah sebagai perkenalan atau mengenal anda lebih jauh.

dan tentu dengan adanya orang dalam, artinya anda sudah di kenal orang perusahaan, dan tentu sebagai orang dalam juga jangan asal memasukan orang yang tidak sesuai dengan skill dan keahlain seseorang yang malah bikin perusahaan ancur. tapi tentu sangat jarang, karena jujur kalau saya berada dalam suatu perusahaan, lalu ada teman yang meminta pekerjaan kepada saya, tapi skill dan sikapnya sangat buruk. tentu saya malas untuk merekomendasikannya.

jadi mempunyai kenalan orang dalam adalah keuntungan besar , bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan.

2. Ikuti Perkembangan Social Media


Social Media engga di pungkiri adalah sesuatu yang di butuhkan saat ini, tak terkecuali Mencari Pekerjaan.

Karena hampir 85% informasi lowongan pekerjaan ada di Social Media,

"tapi kok saya jarang liat lowongan di timeline saya"

Banyak orang yang bertanya kepada saya seperti itu, oke analoginya seperti ini Social Media ibaratkan sebuah lingkungan kosong, lalu kamu isi. dengan berteman dengan orang ini, orang itu. lalu masuk grup ini grup itu, lalu like fanpage ini dan itu.

Sekarang pertanyaannya, Teman , Grup dan Fanpage yang kamu ikuti apakah punya potensi menshare lowongan pekerjaan ?

Nah jadi hal yang harus di lakukan para Reader antara lain.
1. Masuk Grup Lowongan Kerja. dan hal yang lebih efektif adalah sesuaikan dengan Domisili reader reader sekalian.
Contoh nih  saya tinggal di kota Bandung, nah untuk menfilter agar lowongan kerja yang di share berada di kota bandung, saya mencari grup "Lowongan Kerja Bandung" , nah alhasil saya menemukan grup "Lowongan Kerja Bandung Jawa Barat"
Tapi kalau memang reader mau kerja di luar kota , ya tinggal sesuaikan masuk grup yang di ingingkan. tapi intinya gunakan kata kunci "Lowongan Kerja"  dan juga jangan lupa masuk grup yang jumlah member atau orang yang bergabung di atas 10ribu, karena informasi lowongan itu tergantung dari banyaknya anggota yang bergabung, semakin banyak yang bergabung semakin banyak orang yang menshare lowongan pekerjaan

2. Like Fanpage Perusahaan agar tidak ketinggalan informasi jika ada lowongan,  walau kecil kemungkinannya tapi tentu masih membawa dampak positif bagi kalian para pencari kerja, tentu hal ini adalah hal positif, apalagi kalian bermimpi kerja disana.  

3. Berteman dengan Orang - Orang yang Sering Share Lowongan Kerja , nah mungkin hal yang paling tepat adalah berteman orang yang sering share lowongan kerja juga, karena biasanya orang yang sering share ini mengetahui banyak lowongan atau punya koneksi. jadi untung banget kalau kalian punya temen macam gini.


3. Ikuti Website Lowongan Pekerjaan / Perusahaan


Tidak sedikit juga Perusahaan, yang mencari kandidat lewat sebuah Website, dan rata - rata perusahan yang mencari lewat website adalah perusahaan besar, apalagi jika perusahaan IT, ga wajar rasanya jika perusahaan it , tapi mencari kandidat masih pake cara kuno seperti sebar selembaran.

Oke bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan, mengikuti atau membuka website walau hanya 1 minggu sekali adalah hal yang positif bagi kalian dalam mencari pekerjaan. dan juga biasanya perusahaan besar pasti selalu ada lowongan. seperti perusahaan pln, telkom, indofood, dll dan yang terpenting bagaimana kalian rajin - rajin buka website perusahan untuk melihat lowongan

seperti halnya perusahaan Telkom yang selalu melakukan rekrutmen di alamat ini https://rekrutmen.telkom.co.id/, selalu ada lowongan tersedia tapi tentu dalam jangka waktu yang tidak di tentukan.

So The Key is Buka Sering - Sering

Tapi selain itu ada juga website yang khusus menyediakan lowongan pekerjaan tidak hanya 1 perusahaan tapi dari semua perusahaan, mungkin dari kalian pernah mendengar Jobstreet, Jobs.id, JobsDB, nah itu adalah contoh Website yang banyak menyediakan tentang informasi lowongan pekerjaan dari banyak perusahaan.

tapi jika boleh jujur , saya lebih suka pake JobsDB dan Jobs Id, cara daftar ga ribet lalu ketika mengisi Form juga , efektif.. ga ada kita ngisi form yang aneh - aneh atau engga berguna dalam melamar pekerjaan.

beda sama Jobstreet, kita di suruh mengisi panjang lebar dan kadang websitenya error. dan kadang saya merasa kita ngisi ga berguna gitu, yang jadinya malah susah di baca sama perusahaan.

dan ini jujur pengalaman pribadi bukan karena menjelakannya ya. jadi saya menyarankan untuk coba JobsDB dan JobsID untuk mencari pekerjaannya.

4. Kirim Sebanyak - Banyaknya


Nah kali ini kita gunakan faktor Lucky dalam diri kita , salah satunya adalah kirim sebanyak - banyak lamaran kamu ke perusahaan. tapi tentu jangan asal ngirim, tapi kirim saja ke perusahaan yang terdapat lowongan.

Tapi eits tenang dulu, pasti keluar duit banyak kalau ngirim lewat berkas nyata, maksud gua disini adalah kirim lewat email. mau lowongan yang ga cocok atau cocok, cukup kirim, selain mengetes Faktor Lucky, mengirim sebanyak - banyaknya juga mengetes Kualitas CV yang kamu buat. ntah itu mudah di baca atau susah di baca.

dan jika kamu udah ngirim 50 lamaran tapi ga ada yang nyantol 1 pun, berarti ada yang salah dengan cv kamu.

Lalu jika ternyata kamu di panggil, dan ternyata tidak sesuai dengan keahlian kamu. dan kamu tidak mau datang ? ya cukup abaikan .. hehe simpel kan.

5. Jangan Terpaku Syarat


Syarat Pelamar memang hal yang di perlukan untuk memilah atau mengira ngira skill yang di miliki pelamar. tapi jangan terpaku dengan syarat, jika kamu merasa pantas dan memiliki skill yang sesuai dengan di butuhkan perusahaan.

Just Send Your CV
Di Artikel ini Pengalaman Tes Psikotes di CRP  , saya menceritakan tentang tes saya, tapi tahu engga, bahwa lowongannya membutuhkan Lulusan S1 sedangkan saya SMK. tapi saya di panggil untuk mengikuti Tes Psikotes dan Alhamdullilah saya lanjut ke tahap wawancara.

Jadi buat kamu yang merasa minder bukan lulusan S1 atau berada di jurusan yang tidak di perlukan , cukup pede aja. kalau kamu memang mampu dan pantas ada disana. okey.

Tapi jika ada mensyaratkan jenis kelamin harus perempuan atau laki- laki tolong jangan ikuti saran saya hehe.


6. Cek Detail Perusahaan

Mengetahui Detail Perusahaan juga di perlukan bagi kalian yang mau melamar atau interview. hati - hati saat datang, jangan hal yang seharusnya mendapatkan pekerjaan malah menjadi petaka bagi kalian.

dan biasanya perusahaan nakal seperti inilah yang membuat gaduh pencari kerja, kadang ada pelamar yang di haruskan membayar dengan iming - iming mendapatkan pekerjaan, lalu ada juga yang di haruskan datang ke area yang bukan seharusnya. sampai ada yang di tuntut untuk berbuat di luar asusila.

saya sarankan jangan dituruti, nah saran saya

Pertama Cari Nama Perusahaan dan Alamat Perusahaan Sebenernya, lalu sesuaikan dengan Nama dan Alamat yang ada . ntah itu saat di panggil atau saat ada lowongan.

Kedua Jika Nama Perusahaan dan Alamat Perusahaan Sudah benar, usahakan bertanya atau sekedar search tentang Perusahaannya. intinya mengenali perusahaannya. misalnya punya berapa toko, nama owernya siapa, pernah punya masalah atau tidak,, tapi jika profil perusahaan adalah Outsourching walaupun mereka mempunyai Nama dan Alamat yang jelas.. saran saya jangan di datangi.

Ketiga Jika memang kedua hal di atas sudah cukup meyakinkan kamu, kamu cukup datang ke perusahaan tsb. tapi hati - hati jika saat interview meminta Uang agar bisa masuk atau macam - macam dengan kamu. cukup tinggalkan walau kesannya tidak sopan.

Keempat Jika Perusahaan menahan Ijazah, jangan mau, cukup tinggalkan dan pergi. karena menurut saya dengan menahan Ijazah, artinya Perusahaan tidak yakin dengan anda, dan jangan menjadi terlalu baik atau positif thinking. karena bisa saja Ijazah itu dijadikan alat untuk menurunkan gaji , atau membuat jobdesk yang tidak sesuai dengan kesepakatan di awal. 
Jadi ngapain kerja dengan perusahaan yang tidak mempercayai anda? hehe, karena kerja itu modalnya Saling Percaya.

nah gitu, jadi intinya kita kerja itu untuk uang , bukan keluar uang . jadi kalau memang kamu merasa ada yang engga beres. ya cukup abaikan.. atau ceuk urang bandung meh, cicing keun weh.


7. Tanya Satpam

Nah terakhir ini adalah hal buat reader - reader semua , jika memang udah mentok  ga punya internet. cukup ngelilingin kota kalian, lalu datengin satu persatu toko - pabrik ataupun yang berpotensi adanya lowongan kerja.

lalu tanya penjaga atau orang disana tentang ada tidaknya lowongan pekerjaan. hehe. tapi tentu ikutin saran saya sebelumnya juga. dan bisa aja pas kamu tanya. itu adalah perusahaan nakal.

Nah itulah 7 Tips Mencari Pekerjaan, nah kamu sendiri sering pake metode yang mana nih, tapi menurut gua , kadang saya sering mikirin kalau saya jadi hrd, cuma ngebayangin ini mah haha. jujur saya lebih suka cv yang lebih mudah di mengerti dari pada cv yang di desain bagus tapi isinya ga bisa di mengerti..

lalu selain itu penggunaan email lebih bagus ketimbang kirim berkas langsung, selain mempermudah HRD untuk nge cek cv kita, juga hemat uang dan waktu. So Bye - Bye.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
January 23, 2017 at 2:11 PM delete

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,SAYA IBU ERSIN Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
500 JT saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KI Sunan Jati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 HARI
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI Sunan Jati
kata BELIAU pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 2Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KI Sunan Jati DI NOMOR 082_349_535_132
agar di berikan arahan. jika ingin seperti saya coba hubungi KI Sunan Jati pasti akan di bantu Oleh Beliau

Reply
avatar